Dermaga Multi Fungsi di Ende Mulai Beroperasi

Saturday, 24 February 2018 06:04 Written by

 

KUPANG - Dermaga multi fungsi yang dibangun oleh Kementrian Perhubungan RI di Pelabuhan Ippi Ende mulai berfungsi optimal sebagai tempat pendaratan kapal berbagai ukuran.

Kepala Adpel Ende, Yohanes Ola kepada Pos Kupang, Kamis (22/2/2018) mengatakan, dermaga Ippi 2 memang bisa dioperasikan untuk segala musim sehingga dirasa cukup membangun gairah perekonomian masyarakat di Kabupaten Ende.

Sebelumnya, Menurut Jhon kapal yang hendak berlabuh di Ende terlebih dahulu melihat kondisi cuaca apa hendak mendarat di Dermaga Ippi atau Dermaga Ende.

Saat ini dalam kondisi cuaca apapun kapal bisa mendarat di Dermaga Ippi II yang ada di Pelabuhan Ippi.

Jhon mengatakan bahwa Dermaga Ippi II bisa didarati oleh kapal barang juga kapal penumpang maupun kapal fery.

 

Sumber :  Pos KUPANG

 

 

 

LABUAN BAJO - Saluran irigasi untuk areal sawah Terang harus dibangun karena menjadi salah satu potensi lumbung padi terbesar di wilayah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), selain sawah Lembor.

Anggota DPRD Mabar yang juga Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda), Marsel Jeramun, meminta pemerintah harus serius terhadap rencana pembangunan saluran irigasi itu.

"Kalau saya malah sejak lama menginginkan agar saluran irigasi ke sawah Terang itu harus dibangun. Jangan sampai nanti ada rumah yang berdiri di areal itu karena lahan sawah tidak bisa dikerjakan akibat kesulitan air," kata Marsel.

Dirinya mendukung upaya pemerintah yang saat ini sedang persiapan melakukan studi kelayakan.

Sebelumnya diberitakan, studi kelayakan untuk pembangunan saluran irigasi ke areal sawah Terang, siap dilelang oleh pemerintah setempat.
Kepala Bappeda Mabar, Aleks Saryono menyampaikan, pihaknya sudah menyerahkan berkas untuk pelelangan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP).

 

Sumber : POS-KUPANG.COM

 

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana melelang proyek pengembangan bandara Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Maret 2018. Proyek ini diperkirakan bakal menelan investasi Rp500 miliar dan ditargetkan rampung di 2020.

 

LABUAN BAJO - Pemerintah Jepang menyiapkan tiga unit mesin penyulingan air laut menjadi air layak konsumsi bagi warga di Pulau Messah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Disperindag Ende Sulit Mengatur Pasar Wolowona

Tuesday, 06 February 2018 00:05 Written by

 

ENDE - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Ende, Sebastianus Bele mengaku kesulitan untuk menata Pasar Wolowona.

Nelayan Ende Sudah Seminggu Tidak Melaut

Saturday, 03 February 2018 06:08 Written by

 

ENDE-Kepala Sahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende melarang semua jenis kapal berbagai ukuran baik itu kapal kecil dan juga besar agar untuk sementara

tidak melakukan pelayaran sejak 29 Januari hingga 3 Februari 2018.

Larangan tersebut dilakukan menyusul kondisi cuaca ekstrim dalam satu pekan terakhir yang bisa membahayakan keberadaan kapal dan juga isinya.

KSOP Ende, Johanes Ola mengatakan, Kamis (1/2/2018) terkait dengan langkah yang dilakukan oleh KSOP terhadap kapal menyusul kondisi cuaca ekstrim dalam satu pecan terakhir.

Baca : Pisang dan Mangga Membusuk di Pelabuhan Feri Labuan Bajo

Johanes mengatakan pihaknya sebagai lembaga yang berwewenang terhadap operasional kapal dan juga keselamatannya. 

KSOP Ende mengeluarkan larangan dan juga himbauan kepada para nahkoda kapal agar untuk sementara tidak mengoperasikan kapal mereka menyusul kondisi cuaca ekstrim.

Hal tersebut dilakukan demi menjaga keselamatam kapal beserta isinya. Johanes mengatakan sesuai dengan informasi yang diterima dari BMKG menyatakan bahwa gelombang laut sejak 29 Januari 2018 mencapai 7 meter.

Dengan kondisi gelombang demikian tentu sangat berbahaya bagi kapal apabila nekat melakukan pelayaran.

 

 

Sumber : Pos Kupang.Com

 

 

LABUAN BAJO - Akibat tidak beroperasinya kapal feri dari Labuan Bajo menuju Sape dalam seminggu terakhir, sejumlah komoditi dari Flores, khususnya buah-buahan membusuk di dalam mobil truck atau ekspedisi.

 

Borong - Pupuk subsidi pemerintah di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) diduga dijual secara komersial oleh pengusaha.

Pupuk subsidi yang seharusnya untuk petani, malah dijual bebas secara komersial oleh pengusaha di setiap kecamatan, bahkan di kampung-kampung.

Pelayanan Fery Labuan Bajo Masih Ditutup

Monday, 29 January 2018 06:40 Written by

LABUAN BAJO - Penutupan penyeberangan kapal feri dari Labuan Bajo ke Sape atau sebaliknya serta rute ke Sumba Barat Daya (SBD), masih berlangsung.

Kapal Feri Berhenti Beroperasi di Labuan Bajo

Friday, 26 January 2018 00:51 Written by


Labuan Bajo - Cuaca buruk mulai terasa di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).
Hujan disertai angin kencang, Kamis (25/1/2018) terjadi di pemukiman dekat pantai, seperti Kampung Ujung hingga KampungTengah.