Telan Anggaran Miliaran Rupiah, Gazebo Milik Dispar Matim jadi Sarang Burung

Manggarai Timur, Koranflores.com— Proyek Gazebo di lokasi pantai Cepi Watu, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong milik dinas Pariwisata Manggarai Timur menjadi sarang burung. Pasalnya atap gazebo yang terbuat dari bahan Enau sudan terlihat rapuh dan koyak.

Bahkan sebagian atap gazebo sudah tampak berlobang sehingga para wisatawan yang berkunjung ke pantai Cepi Watu dan menikmati Gazebo yang ada merasa tidak nyaman.

Salah seorang wisatawan asal Mano sebut saja Cristo( 30) mempertanyakan terkait pagu anggaran yang menelan hingga miliaran itu dengan hasil yang sungguh mengecewakan.

” Kalau anggaran mencapai miliaran begini, dengan hasil yang sungguh memprihatikan begini patut dipertanyakan, seharusnya kalau anggaran besar begitu mestinya hasilnya harus mewah. Bukan menjadi tempat sarang burung begini. Warga Matim harus kawal dan bila perlu Kadis Pariwisata bertanggungjawab soal ini. Pihak kepolisian segara audit proyek ini sebelum FHO,” tutup Crito.

Senada dengan Cristo, salah seorang wisatawan asal Borong yang enggan dimediakan namanya mengaku kecewa dengan hasil kerja proyek milik Dispar yang hanya terkesan menghabiskan anggaran tanpa melihat asas pemanfaatan untuk jangka panjang.

” Kalau begini model pembangunan Gazebo, ini hanya menghabiskan anggaran saja. Bila perlu pak Bupati ganti saja kadisnya.  Kami minta pihak kepolisian dan kejaksaan segera ambil langkah untuk memanggil Kadis yang bersangkutan. Uang rakyat mestinya dipakai untuk rakyat dan kualitas kerja bisa dinikmakmati sampai anak cucu nantinya. Bukan kejar Kuantitas dan mengabaikan kualitas. Kalau begini model kerja dalam waktu dekat akan roboh semua atapnya, apalagi sekarang menjelang  musim hujan. Maka tidak heran dikemudian hari yang ada hanya kerangka gazebo,” tutup dirinya.

Sementara itu Kadis pariwisata Manggarai Timur, Albertus Rangkat belum berhasil dihubungi oleh media ini.

Sampai berita ini diturunkan kadis pariwisata belum memberikan tanggapan.

Untuk diketahui dari data yang berhasil dihimpun oleh media ini proyek yang berada dilokasi pekerjaan kawasan pantai cepi watu

dapat diperoleh rincian anggaran sebesar 3

Miliar lebih, dengan peruntukkan sebagai

berikut : Pembangunan paket proyek

pembangunan Tourism Information Center

(TIC) sebesar Rp 388.811.000, paket

pembangunan kios cendramata sebesar Rp.

288.941.000, paket pembangunan gazebo

sebesar Rp. 324.767.000, paket pembangunan

toilet termasuk jaringan air bersih, sumur

pompa dan jaringan listrik sebesar Rp.

560.877.000 dan paket pembangunan

panggung kesenian, pertunjukan, Amphiteather

sebesar Rp. 1.144.893.000.


Posted

in

by