Platform Publikasi Digital Gratis, ISSUU Salah Satu yang Terbaik Tahun 2023

Sebagai sebuah platform, issuu adalah salah satu yang terbaik untuk kategori publikasi digital, baik tulisan, desain maupun gabungan keduanya.

Selain versi berbayar (premium), platform ini juga menyediakan layanan gratis (free) sehingga bisa dimanfaatkan para pegiat online untuk memaksimalkan website maupun blognya.

Pada kesempatan kali ini, tim redaksi PIONAZ ID akan memberikan sedikit gambaran bagaimana menggunakan dan memanfaatkan issuu sebagai sebuah platform digital.

issuu Login

Lakukan pendaftaran atau registrasi melalui menu LOG IN kemudian cari Create Account. Pilih yang Basic (Free) agar kita tidak dikenakan biaya apapun. Tak masalah meskipun feature yang diberikan terbatas asalkan gratis.

Pada saat pengisian registrasi, gunakan email yang masih aktif. Boleh utama boleh juga email alternatif. Tentukan username yang diinginkan dan upayakan username ini mudah diingat. Untuk password pastikan tercatat dan tersimpan agar nanti mudah dilihat ketika akan Login kemudian hari.

Bila sudah, akan ada permintaan untuk konfirmasi email. Silakan buka email yang baru saja digunakan untuk mendaftar dan carilah kode konfirmasi yang dikirimkan. Jika semua berjalan lancar maka kita akan masuk ke Dashboard issuu.

Upload Publikasi

issuu adalah layanan publikasi digital. Jadi silakan upload dokumen yang akan dipublikasikan. PDF misalnya, karena lebih mudah cara membuatnya. Cukup gunakan Word atau PowerPoint kemudian simpan dalam format PDF.

Usahakan nama file PDF yang dibuat mengandung kata kunci atau keyword yang ingin dibidik.

Selesai upload, berikutnya jangan lupa menambahkan Judul dan Description untuk PDF yang baru saja diupload. Agar lebih gampang, untuk judul bisa gunakan nama usaha disertai tagline atau mottonya. Adapun untuk description maka contohnya sebagai berikut:

PIONAZ ID hadir melayani jasa pembuatan dan pengelolaan website, FB, IG dan beragam layanan online lainnya. Siap membantu Anda yang hendak meningkatkan branding maupun omset melalui online digital. Segera hubungi kami di WA 0812 7346 6560.

Untuk Publication Type atau Tipe Publikasi maka pilih saja Other (Corporate, manual, instructional, portofolio, etc). Oia, di sisi kiri ada menu Add Links and videos. Menu ini bisa dipakai untuk membuat link yang mengarah pada web atau blog yang kita miliki.

Manfaatkan menu Add links and videos sebagai backlink untuk web atau blog kita.

Jika sudah semua maka silakan Publish Now yang terletak di bagian atas layar. Bila berhasil maka kira-kira seperti inilah hasilnya yang mana ada link yang diberikan menuju ke publikasi milik kita.

Buat Story

Sebetulnya sampai di sini sudah selesai. Tapi kalau ingin lebih maksimal lagi maka ada baiknya kita Create New Article Story. Sekali lagi, issuu adalah platform yang menyediakan kebebasan berkreasi. Jadi mari lanjutkan langkah berikutnya di bawah ini:

Untuk teknik penulisan judul tidak harus diawali dengan nomor hape. Bisa juga dengan nama usaha atau lainnya yang sekiranya penting dan mudah diingat. Adapun deskripsi maka bisa dengan mengambil paragraf pertama di story yang kita tulis. Jangan lupa pula pilih kategori yang sesuai.

Bila semua beres maka silakan Publish dan jika berhasil maka akan muncul tampilan yang menunjukkan link ke arah story yang baru saja kita buat.

Alhasil, satu publikasi telah berhasil diterbitkan yang mana dalam publikasi tersebut terdapat satu story. Nantinya kita bisa buat story kedua, ketiga dan seterusnya dalam publikasi yang sama.

Untuk publikasi kedua, ketiga dst maka langkah-langkahnya sama dengan di atas. Lakukan improvisasi sendiri untuk hasil yang lebih baik dan maksimal. Contoh di atas hanya sekedar gambaran bagaimana memanfaatkan issuu sebagai publikasi digital.

Ingat, issuu adalah platform yang memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk berkreasi. Jadi tuangkan kreativitas kita sebagus-bagusnya. Selamat mencoba.

 


Posted

in

by

Tags: